Selasa, 30 September 2014

Fungsi Logika pada Ms. Excel

Selamat datang agan-agan sekalian, kali ini akan kita bahas mengenai Fungsi Logika pada Ms. Excel. Fungsi Logika merupakan fungsi perintah berdasarkan pertimbangan yang ada berdasarkan syarat yang ditentukan benar atau tidak.

Oleh karena itu maka hasil dari fungsi ini merupakan logika tersebut. Hasil dari fungsi ini akan benar (TRUE) jika semua argumen logika yang ditampilkan adalah benar, dan hasilnya akan salah (FALSE) jika semua argumen logika yang ditampilkan tidak sesuai.

Rumus yang dipergunakan pada Fungsi Logika ini adalah "=IF(X,Y,X)", dimana "X" merupakan syarat yang dikondisikan benar, "Y" merupakan perintah yang dilakukan jika kondisi/argumen logika sesuai dengan syarat "X", dan "Z" merupakan perintah yang dilakukan jika kondisi/logika tidak sesuai dengan syarat "X".

Dalam penyusunan fungsi "IF", terdapat beberapa simbol-simbol yang digunakan, diantaranya yang paling sering digunakan adalah :

  • ">" (Lebih besar)
  • ">=" (Lebih besar atau sama dengan)
  • "<" (Lebih kecil)
  • "<=" (Lebih kecil atau sama dengan)
  • "=" (Sama dengan)


Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan Fungsi Logika, kita coba dengan latihan berikut,...

  • Buatlah sebuah dokumen pada Ms. Excel yang isinya merupakan data, dalam contoh ini kita buat data nilai ujian Semester.


  • Pada cells E4 masukan formula fungsi logika berikut "=IF(D4>=7;"Lulus";"tidak")". dimana "D4>=7" adalah elemen "X"; "Lulus" adalah syarat logika benar (TRUE) - "Y"; dan "Tidak" adalah syarat logika salah (FALSE) - "Z". (lihat gambar di bawah).

  • Tekan tombol Enter jika sudah. Untuk nilai ujian Matematika dinyatakan lulus karena nilai yang didapat lebih besar dari 7 yang merupakan syarat logika kelulusan.
  • Aplikasikan formula tersebut pada cells selanjutnya dengan cara meng-copy-nya. letakan mouse disudut kanan bawah pada cells E4 sampai mouse membentuk "+", setelah itu drag hingga cells E10 seperti pada gambar dibawah.


Fungsi Logika ini merupakan salah satu fungsi favorit karena dapat membantu menentukan kondisi tertentu berdasarkan argumen benar dan salah.

Demikian, pertemuan kita kali ini, semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat dan membantu mempermudah pekerjaan agan-agan pembaca sekalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar