Senin, 29 September 2014

FUNGSI TANGGAL DAN WAKTU PADA Ms. EXCEL

Dalam kehidupan sehari-hari, sudah tentu kita tidak pernah lepas dari masalah tanggal maupun waktu. Baik itu dalam surat menyurat, penulisan data atau dokumen-dokumen penting, proposal, laporan keuangan, laporan penjualan dan masih banyak lagi. Terkait dengan tanggal dan waktu tersebut, didalam Ms. Excel 2007 dan 2010 tersedia fungsi yang dapat digunakan untuk mempermudah kita dalam penulisan format tanggal dan waktu seperti yang kita inginkan, berikut tip dan trik yang berkaitan formula dan fungsi Ms. Excel 2007 dan 2010 mari kita coba bahas bersama.


Mengubah Format Penulisan Tanggal

Secara default, Ms. Excel 2007 dan 2010 menggunakan standar penulisan tanggal, waktu, mata uang dan sebagainya sesuai dengan regional Amerika Serikat (US). Bagi yang tak terbiasa, tentunya hal ini akan sangat menyulitkan kita saat menentukan bagaimana yang menunjukan bulan atau tanggal jika harus membaca teks yang bertuliskan “08/09/2014”

Nah, untuk mengubahnya menjadi format Indonesia, praktekkan saja langkah-langkah pada trik berikut :

1.     Blok semua sel yang berisikan data tanggal

2.     Pada tab Home, klik ikon  di pojok kanan bawah bagian Number. 

Klik Icon Format Cells : Number


3.    Pilih Date di bagian Category.

4.   Lantas pilihlah opsi Indonesian pada kotak kombo Locale (location), dan klik bentuk penulisan yang diinginkan di bagian Type. 




Pengaturan pada jendela Format Cells

5.     Lalu klik OK.

Penulisan tanggal dalam sel/kolom yang agan seleksi akan secara otomatis disesuaikan dengan format regional Indonesia, dan sudah pasti sekarang anda dapat membaca dengan benar bagian mana yang menunjukan bulan dan tanggal pada table.

Sekian dahulu posting untuk mengubah format waktu pada Ms. Excel 2007 dan 2010. Nantikan posting-posting selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi agan-agan pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar