Selasa, 07 Oktober 2014

CARA MEMBATASI UKURAN SWAP FILE (WIN 7)

Swap File (File Swap) adalah file yang berfungsi sebagai virtual memory seperti RAM yang berfungsi sebagai alokasi sementara ketika memory RAM tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan sistem, selain itu penggunaan Swap File juga bisa terjadi karena pengaturan dari program yang digunakan. Beberapa program ada yang memprioritaskan penggunaan Swap File meski kapasitas RAM sendiri lebih dari cukup.

Namun, hal tersebut bukan berarti Swap File atau Virtual Memory tidak dibutuhkan. Akan lebih bijak jika komputer/laptop yang memiliki kapasitas RAM yang luas (> 4GB) untuk membatasi jumlah Swap File, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM serta menghemat kapasitas Hard Disk, karena dengan memprioritaskan penggunaan RAM sebagai menyokong transfer data akan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan Swap File yang mengandalkan kecepatan Hard Disk dalam transfer data.

Berikut adalah tips untuk mengoptimalkan ukuran Swap File, sehingga mendapatkan ruang kosong extra pada Hard Disk sekaligus mengoptimalkan penggunaan RAM.

1. Buka Start Menu dengan mengklik tombol Start yang terdapat pada bar Desktop.

2. lalu, klik kanan pada menu Computer yang terdapat pada Start Menu, lanjutkan dengan mengklik menu Properties.


3. Klik menu Advanced System Settings.



4. Akan muncul Menu System Properties, masuk Tab Advanced, lalu pilih Settings pada menu Performance.



5. Setelah itu akan muncul Menu Performance Options, klik Change... yang terdapat pada Menu Virtual Memory.




6. Hilangkan tanda pada Pengaturan Automatically Manage Paging File Size for All Drives, dilanjutkan dengan memilih lokasi partisi/drive sebagai tempat penyimpanan File Swap. Pilih pengaturan Custom Size dan tentukan besar file swap yang akan digunakan. Gunakan kelipatan 1024 MB (1GB). Klik tombol Set untuk menerapkan pengaturan.


7. Re-start komputer/laptop untuk mengaplikasikan perubahan.

Sekarang komputer/laptop agan-agan sekalian akan bekerja dengan menggunakan RAM secara optimal dalam proses transfer data yang lebih cepat, dan sekaligus menghemat ruang Hard Disk, yang sebelumnya dipergunakan oleh File Swap sebagai persinggahan data sementara.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar