Sabtu, 11 Oktober 2014

BEBERAPA CARA PENJUMLAHAN PADA Ms. EXCEL

Melakukan Penjumlahan Berdasarkan Kategori

Dalam sebuah data, seringkali kita dapati data dari beberapa jenis kategori yang berlainan. Nah... untuk melakukan penjumlahan berdasar masing-masing kategori yang ada cukup merepotkan dan akan memakan waktu jika dilakukan secara manual untuk mensortir data tersebut satu per satu. Namun, pada Ms. Excel terdapat salah satu fitur formula yang dapat digunakan untuk mempermudah hal tersebut.

Langkah-langkah untuk melakukan penjumlahan tanpa harus mensortir data secara manual antara lain.

  • Pada contoh kasus berikut, kita akan mencari penjumlahan untuk penjualan pada beberapa gerai yang berbeda, yaitu : gerai 1, gerai 2 dan gerai 3.
  • Kemudian buatlah cells untuk menampilkan hasil penjumlahan dan seleksilah cells tersebut seperti contoh berikut.

  • Lalu pada cells B15 (untuk mencari nilai penjumlahan dari penjualan gerai 1) ketik formula : =SUMIF($E$2:$E$10;A15;$D$2:$D$10), selanjutnya tekan Ctrl+Enter sehingga hasil masing-masing kategori gerai akan segera muncul.




Menjumlahkan Nilai Tertentu

Dimisalkan ada banyak data seperti pengeluaran untuk pembelian barang dengan nilai tertentu. Nah... untuk melakukan penjumlahan berdasarkan nilai tertentu dalam sebuah data maka kita dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  • Pertama, pastikan kita memiliki data dengan nilai yang beragam.
  • Kemudian tentukan spesifikasi nilai yang akan kita jumlahkan, dalam contoh kasus kita adalah "Penjumlahan untuk Nilai di Atas" dan pada cells khusus (cells B10 - contoh), tulis angka sebagai pembatas, misalkan 200.000.

  • Kemudian, masukan Formula berikut pada cells B11 : =SUMIF(B3;B8;">"&B10)
  • lalu tekan Enter untuk memunculkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi nilai pembatas yang telah kita tentukan sebelumnya.

Penjumlahan Berdasar Kurun Waktu Tertentu


Untuk melakukan penjumlahan berdasarkan kurun waktu tertentu, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Pada contoh kasus berikut, data menunjukan adanya transaksi yang terjadi pada beberapa tanggal yang beragam. Nah... untuk menjumlahkan transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu, maka masukkan tanggal yang menjadi pembatas waktu range data yang akan di jumlahkan pada salah satu cells, pada contoh kita meletakannya pada cells B12, dengan tanggal pembatas yaitu tanggal 27/01/2014


  • Lantas pilih cells untuk menampilkan hasil dari penjumlahan transaksi selama kurun waktu tertentu, pada contoh kita meletakkannya pada cells B13.
  • Masukan Formula berikut pada cells B13 : =SUMIF(A2:A11;"<="&B12;B2:B10)

  • kemudian tekan Enter, untuk menampilkan hasilnya.

Demikian pertemuan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar