Kamis, 02 Oktober 2014

Tips Membuat Daftar Isi Menggunakan Ms. Word

Agan-agan sekalian, terkadang kita agak ribet jika harus membuat daftar isi jika kita membuat sebuah makalah atau laporan tertulis, dan sejenisnya. Dimana kita harus menekan tombol titik sampai ke ujung kertas, dan kadang kita ragu apakah sudah rata titik-titik yang kita buat dengan titik yang diatas, jika tidak sudah pasti nantinya Daftar Isi yang kita buat nampak tidak rapih pada saat di cetak nanti.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kita bisa menggunakan salah satu fitur yang ada pada Ms. Word, yaitu fitur Tabulasi atau lebih dikenal dengan sebutan Tab saja. berikut ini langkah-langkah mudah untuk membuat Daftar Isi menggunakan fitur Tabulasi pada Ms. Word, langsung aja kita ke contoh kasus agan-agan sekalian.

1. Pertama-tama kita harus mengumpulkan poin-poin penting dari makalah/laporan yang akan kita buat daftar isinya, lalu buat seperti gambar dibawah.


2. Blok isi dari Daftar Isi yang akan kita buat, lalu klik 2x pada mistar atas untuk memunculkan menu tabulasi, dalam contoh ini tabulasi yang saya gunakan adalah 14,5 cm dan 15,5 cm (untuk standar tabulasi pada Ms. Word adalah 1,27 cm.

3. Setelah muncul menu tabulasi, klik pada Tab stop position pertama (14,5 cm), lalu pada alignment pilih Left dan pada Leader pilih 2 ....


4. Kemudian kita buat satu lagi Tab stop position, pada 15,5 cm, untuk alignment pilih Centre dan Leader pilih 1 None, kemudian klik OK.


5. Setelah setelan Tabulasi yang akan digunakan selesai, kita tinggal menekan tombol Tab satu kali pada keyboard untuk membuat titik-titik sepanjang 14,5 cm.



6. Tekan Tab satu kali lagi untuk menuju titik stop kedua, yaitu pada 15,5 cm guna menuliskan halaman sesuai dengan judul yang ada.


7. Ulangi langkah 5 dan langkah 6, sampai semua judul yang menunjukan halaman terisi.


Demikian, tips singkat untuk membuat Daftar Isi pada Ms. Word, mudah bukan... dan di jamin hasilnya akan lebih rapih dan lebih cepat jika di bandingkan dengan menekan tombol titik sampai jari telunjuk bengkak... hehehe, Cara ini pun dapat di pergunakan untuk membuat Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan sejenisnya.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar